a

Selasa, 09 Desember 2014

Tentang Pergerakan Harga Minyak Dunia

Minyak..manusia di bumi mana yang tidak membutuhkannya? barang komoditas satu ini memang sudah menjadi kebutuhan primer manusia sejak jaman revolusi industri. Dan sampai sekarang minyak masih mengjadi sumber energi utama bagi masyarakat meskipun telah banyak ditemukan sumber energi alternatif lain. Karena pentingnya minyak tersebut, tidak jarang menyebabkan keserakahan.
Seperti barang-barang komoditas lain di pasar, harga minyak dipengaruhi oleh supply dan demand. Namun karena sifat minyak sebagai kebutuhan primer bagi masyarakat dimana tingkat demand cenderung stagnan atau bahkan mengalami kenaikan maka harga minyak akan lebih dipengaruhi dari sisi supply dari produsen. Dari hal tersebut, supply minyak akan dipengaruhi oleh dua hal yaitu seberapa banyak cadangan minyak yang ada dan bagaimana kemampuan produsen dalam memproduksi dan mendistribusikan minyak tersebut, kemampuan disini tidak sebatas kemampuan teknis saja namun kemampuan karena faktor keamanan, politik dan sosial. 
Selaras dengan hal di atas, penurunan harga minyak dunia akhir-akhir ini menurut metrotvnews.com dipengaruhi karena empat faktor yaitu a) kilang-kilang pengolahan minyak mentah di kawasan Atlantic Basin beroperasi tinggi dan mengakibatkan inventory beberapa jenis produk mengalami peningkatan; b)  produksi minyak mentah OPEC pada yang mengalami kenaikan; c) proyeksi permintaan minyak mentah 2014 sedikit lebih rendah sebesar 20.000 barel per hari dibanding dengan proyeksi pada bulan sebelumnya; dan d) rata-rata produksi minyak mentah AS di Juli mencapai 8,5 juta barel per hari yang merupakan angka produksi tertinggi sejak April 1987.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar